Senin, 08 Juni 2015

media grafis dalam media pembelajaran


Media Grafis dalam Pembelajaran

 

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Media grafis termasuk media visual. Sebagaimana media lain media grafis juga mempunyai beberapa fungsi diantaranya mrnyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Dalam penerima pesan banyak di tuangkan dalam bentuk simbol-simbol komunikasi visual. Simbol-simbol tersebut perlu dipahami benar artinya agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien.serta untuk definisi tersebut dipadukan dengan pengertian praktis, maka grafis sebagai media, dapat mengkomunikasikan fakta-fakta dan gagasan-gagasan secara jelas.
Pengungkapan itu bisa berbentuk diagram, sket atau grafik. Kata-kata dan angka-angka dipergunakan sebagai judul dan penjelasan kepada grafik ,bagan, diagram, poster kartun dan komik. Sedangkan sket, lambang,dan bahkan foto dipergunakan pada media grafis untuk mengartikan fakta, pengertian dan gagasan yg pada hakikatnya penyampaian presentasi grafis.
B. Tujuan
Makalah ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana pengertian dan jenis-jenis media pembelajaran khususnya media grafis yang dipergunakan dalam bembelajaran, selain itu untuk memenuhi tugas media pesan pembelajaran.
Dan dalam pembuatan makalah ini, kami dapat memahami arti dari media pembelajaran khususnya media grafis (grafika)

C. Rumusan Masalah
1.      Sebutkan pengertian dan fungsi media grafis (grafika)?
2.      Sebutkan dan jelaskan jenis media grafis?
3.      Bagaimana penerapan media grafis dalam penggunan pembelajaran?




BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian dan Fungsi Media Grafis

Webster mendefinisikan Graphics sebagai seni atau ilmu menggambarkan, terutama penggambaran mekanik. Dalam pengertian media visual, istilah Graphic Material mempunyai arti yang lebih luas, bukan hanya sekedar menggambarkan. Dalam bahasa yunani, graphikos mengandung pengertian melukiskan atau menggambarkan garis- garis. Sebagai kata sifat, graphics diartikan sebagai penjelasan yang hidup, uraian yang kuat, atau penyajian yang efektif.
Ada dua macam fungsi media grafis, salah satunya fungsi umum yang dimana media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan.  Sedangkan secara khusus media grafis berfungsi pula untuk menarik perhatian. Memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan.

B. Jenis Media Grafis
Banyak jenis media grafis, beberapa diantaranya :
a) Gambar/ foto
Diantara media pendidikan, gambar/foto adalah media yang paling umum dipakai. Yang merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana. Oleh karena itu ada pepatah cina yang mengatakan bahwa sebuah gambar berbicara lebih banyak daripada seribu kata. Kelebihan media gambar/foto
1.                              sifatnya konkrit lebih relistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.
2.                              gambar dapat mengtasi batasan ruang dan waktu.
3.                              dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sel atau penampang daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan dengan jelas dalam bentuk gambar atau foto.
4.                              dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah kesalah paham.
5.                              murah harganya dan gampang didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus.
Selain terdapat kelebihan, gambar/foto terdapat beberapa kelemahan yaitu :
1.      gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata
2.      gambar/foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
3.      ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
b) Sketsa
Sketsa adalah gambar yang sederhana, atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail. Karena setiap orang yang normal dapat diajar mengambarkan. Selain dapat menarik perhatian murid, menhindari verbalisme dan dapat memperjelas penyampaian pesan, harganya pun tidak perlu dipersoalkan sebab media ini di buat langsung oleh guru.
c) Diagram
Sebagai suatu gambar sederhana yang menggunakan garis-garis dan simbol-simbol, diagram atau skema menggambarkan struktur dari objeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antara komponennya atau sifat-sifat proses yang ada antara komponen di situ.
Diagram yang baik sebagai media pembelajaran adalah yang :
1.                              benar, digambar rapi, diberi titel, label dan penjelasan-penjalasan yang perlu
2.                              cukup besar dan ditempatkan secara strategis dan,
3.                              penyusunannya disesuaikan dengan pola membaca yang umum dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
d) Bagian / Chart
Seperti halnya media grafis yang lain, bagan atau chart termasuk media visual. Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau lisan secara visual. Bagan juga mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu presentasi. Sebagai media yang baik , bagan harusnya :
1.                              dapat dimengerti anak
2.                              sederhana dan lugas, tidak rumit atau berbelit-belit,
3.                              diganti pada waktu-waktu tertentu agar tetap termasa (up to date) juga tidak kehilangan daya tarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar